4 Contoh Paragraf Persuasi Lengkap dengan Penjelasannya

Contoh Paragraf Persuasi – Terdapat banyak jenis paragraf dalam dunia tulis menulius. Salah satunya adalah paragraf persuasi. Paragraf persuasi sendiri adalah paragraf yang berisi ajakan atau bujukan agar pemabacanya mengikuti atau melakukan apa yang penulis ungkap dalam paragraf. Paragraf jenis ini dibuat berdasarkan asumsi atau pemahaman bahwa setiap pandangan manusia dapat berubah-ubah.

Tujuan dari paragraf persuasi ini adalah untuk mempengaruhi atau membujuk pembacanya agar mempercayai serta melakukan apa yang penulis terangkan dalam tulisan. Agar mencapai tujuannya, paragraf persuasi haruslah disertai dengan bukti serta data-data pendukung yang akurat. Dalam paragraf persuasi ada banyak kata-kata yang sifatnya mengajak seperti “mari”, “ayo” dan “lakukanlah”. Paragraf jenis ini banyak dipakai dalam himbaun, iklan, atau juga propaganda pada media masa.

Karangan persuasi yang menjadi salah satu jenis tulisan yang memkai gaya persuasi atau bujukan yang memiliki maksud mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu, tentu tidak terlepas dari beberapa ciri yang muncul didalamnya. Ciri-cirinya yaitu adanya pendirian bahwa pemikiran manusia bisa diubah, harus dapat menimbulkan kepercayaan bagi para pembaca, harus bisa menciptakan penyesuaian atau kesepakatan melalui kepercayaan antara penulis dengan pembacanya, persuasi sebisa mungkin menghindari konflik supaya kepercayaan tidak hilang serta supaya kesepakatan pendapatnya bisa tercapai, persuasi memerlukan data dan fakta. 

Dalam pargraf persuasi, pendirian seseorang bisa diubah dengan tujuan supaya mencapai kesesuaian atau persetujuan penulis dengan pembaca, sehingga pembaca akan menerima keinginan penulisnya. Kepercayaan pembaca haruslah dibangun berdsarkan pengungkapan gagasan, ide, pendapat serta fakta. Persuasi harus bisa menciptakan penyesuaian atau kesepakatan melalui kepercayaan antara si penulis dengan pembacanya, supaya terhindar dari permasalahan atau konflik yang bisa mengakibatkan hilangnya kepercayaan pembaca pada apa yang dipersuasikan. Selain itu, persuasi juga memerlukan data dan fakta untuk membuktikkan kebenaran pendapat penulis sehingga tercipta keyakinan serta kepercayaan pada diri pembacanya.

Dari ciri-ciri paragraf persuasi tersebut dapat ditarik kesimpilan bahwa dalam sebuah paragraf persuasi haruslah ada pengaruh, kesepakatan, kepercayaan, pembenaran, serta fakta. Kelima ciri paragraf persuasi tersebut saling berkaitan, jika salh satu daintaranya hilang atau tidak ada, maka tidak akan menjadi paragraf persuasi.

Paragraf persuasi ini banyak dipakai oleh media serta produsen-produsen produk tertentu atau juga keperluan politik sebab paragraf persuasi adalah cara yang paling efektif guna mempengaruhi pembacanya.
Berdasarkan fungsinya, paragaf persuasi bisa dikelompokan menjadi 4 jenis paragraf yaitu persuasi pendidikan, politik, advertismen atau iklan serta propaganda. Berikut ini akan dijabarkan jenis-jenis beserta Contoh Paragraf Persuasi.

contoh paragraf persuasi

1.Paragraf Persuasi Politik


Paragraf persuasi politik merupakan paragraf yang isinya berusaha mempengaruhi atau mengajak pembacanya agar melakukan sesuatu atau bahkan terjun ke dunia politik. Paragraf persuasi politik banyak dipakai oleh orang-orang dalam politik untuk kepentingan partai atau kepentingan Negara.

Contoh:
Sebentar lagi pemilihan umum tiba. Ayo gunakanlah hak pilih kita untuk memilih presiden yang terbaik bagi Negara ini. Ingatlah bahwa masa depan Negara kita selama 5 tahun ke depan bergantung pada pilihan kita pada 1 juni 2015. Jangan sampai golput atau hak suara Anda dapat disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Oleh karenanya, marilah ajak semua teman, saudara, kakak dan adik supaya datang ke TPU untuk memakai hak pilihnya. Ingat, menjadilah pemilih yang bijak.

2.Paragraf persuasi pendidikan


Paragraf persuasi pendidikan dipakai oleh orang-orang atau lembaga yang bergelut dalam dunia pendidikan agar membantu tujuan pendidikan. Paragraf jenis ini biasanya berupa anjuran, himbauan, motivasi ataupun panduan. Biasanya paragraf ini dipakai oleh guru untuk mempengaruhi anak didiknya supaya rajin belajar.
Contoh:

Pendidikan merupakan hal yang paling penting dalam hidup ini, baik pendidikan secara formal ataupun informal. Dengan pendidikan kita akan mendapatkan serta menjadi apapun yang kita impikan. Pendidikan juga dapat mengarahkan kita ke dalam kehidupan yang lebih baik. Pendidikan dapat kita raih dengan belajar yang rajin baik di rumah, di sekolah, ataupun di tempat-tempat lainnya. Jika kita tidak belajar dengan giat dan serius, tentunya apa yang kita kerjakan hanyalah sia-sia sebab tidak ada yang dapat dicapai bila melakukan perbuatan yang tidak sungguh-sungguh. Maka akibatnya kita tidak dapat menggapai citi-cita kita . Oleh karenanya, marilah belajar dengan rajin dan sungguh-sungguh supaya cita-cita kita dapat tercapai.

3.Paragraf persuasi advertensi atau iklan


Paragraf persuasi advertensi atau iklan dibuat dengan tujuan komersil yang dipakai oleh produsen produk tertentu supaya memperkenalkan suatu barang ataupun jasa kepada para konsumennya. Persuasi advertensi memiliki tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa sehingga konsumen akan mau membeli barang atau memakai jasa yang ditawarkan. Paragraf jenis ini sering disebut juga dengan iklan.  Iklan yang baik adalah iklan yang bisa mempengaruhi para konsumen untuk membeli barang atau memakai jasa yang ditawarkan. Sebaliknya, persuasi iklan yang termasuk sebagai persuasi yang kurang baik adalah iklan yang tidak berhasil mempengaruhi atau merangsang konsumen untuk membeli barang yang sedang diiklankan.

Contoh:
Susu sangatlah bermanfaat bagi kesehatan kita. Dengan kita meminum susu, tubuh akan menjadi sehat serta kuat karena susu banyak mengandung kalsium serta protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Oleh karenanya, ayo kita minum health milk, sebuah susu yang mempunyai segudang manfaat karena kandungan vitamin serta mineralnya yang lebih banyak bila dibanding dengan produk susu lainnya. Mari ganti susu yang Anda konsumsi dengan health milk, dan jadilah sehat serta kuat.
4.Paragraf persuasi propaganda

Paragraf persuasi propaganda umumnya beris penyampaian sebuah informasi dengan tujuan supaya pembacanya mau mempercayai atau melakukan apa yang disampaikan oleh penulis dalam paragraf tersebut. Paragraf persuasi propaganda umunya ditemukan dalam media-media cetak seperti surat kabar, majalah, dan lain-lain.
pargraf persuasi propaganda sering kali dipakai dalam kampanye. Isi kampanye berisi informasi serta ajakan. Tujuan dari kampanye sendiri adalah supaya para  pembaca menuruti isi ajakan kampanye yang disampaikan tersebut. Selain itu, pembuatan informasi mengenai seseorang yang mengalami penyakit jantung yang disertai ajakan pengumpulan dana k pengobatannya, atau juga selebaran yang berisikan informasi mengenai situasi tertentu beserta ajakan berbuat sesuatu merupakan contoh paragraf persuasi propaganda.

Contoh:
Islam saat sekarang ini dianggap sebagai agama yang penuh kekerasan atau bahkan agama teroris. Tapi sebenarnya anggapan itu salah besar. Islam merupakan agama yang penuh dengan toleransi dan kedamaian. Hanya sebagian orang yang salah mengartikan jihad lah yang membuat islam menjadi tercemar. Banyak pemuda yang direkrut kelompok tertentu yang katanya untuk berjihad namun malah membunuh sesama. Padahal sudah jelas jika Allah SWT melarang perbuatan membunuh dan menyakiti, apalagi jika membunuh sesama muslim. Oleh karenanya, kita sebagai muslim janganlah terpengaruh dengan ajakan-ajakan menejbak yang mengatas namankan agama Islam. Marilah membentengi diri kita supaya tidak terpengaruh dengan mereka yang menjerumuskan kita. Ayo kita membangun Agama Islam kembali yang telah dicap sebagai agama kekerasan menjadi agama yang penuh kebaikan dengan berbuat baik pada sesama manusia. Namun tentu dengan batasan-batasan yang telah diatur oleh agama kita.

Demikianlah penjelasan mengenai paragraf persuasi yang dapat dipahami dengan lebih baik jika dibarengi dengan mengamati Contoh Paragraf Persuasi semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mempelajari contoh paragraf.

0 Response to 4 Contoh Paragraf Persuasi Lengkap dengan Penjelasannya

Posting Komentar