Kiat Sukses Untuk Menjadi Seorang Pembawa Acara (MC)

Kiat Sukses Pembawa Acara MC - Menjadi pranata hadicara, pembawa acara atau biasa kita sebut MC (Master of Ceremony) tentu tidaklah mudah, banyak faktor yang menjadikan seseorang kurang begitu tertarik atau justru enggan untuk menjadi seorang pembawa acara sebuah acara, diantaranya adalah gengsi atau malu, ketidaksiapan, ragu-ragu, kurang PD dan lain sebagainya.

Namun jangan berkecil hati dan patah semangat dulu bagi anda yang mau mencobanya, karena segala sesuatu pasti ada jalan keluarnya dan pasti ada ilmunya, begitu juga dengan seorang pembawa acara. Dalam membawakan acara sendiri kita tidak boleh asal asalan dalam membawakan sebuah acara, apalagi acara tersebut adalah acara yang terbilang penting dan banyak yang berpartisipasi di dalamnya, hal pertama yang harus anda pelajari adalah bagaimana cara untuk menjadi seorang pembawa acara yang handal tanpa ada suatu keraguan dan halangan di dalam membawakan acara tersebut. Oleh karenanya anda perlu membaca beberapa tips dan kiat sukses dalam membawakan acara di bawah ini.

Kiat Sukses Pembawa Acara MC :

1.Hendaklah seorang pembawa acara sudah datang terlebih dahulu dalam sebuah acara yang akan anda bawakan, hal ini menyangkut persiapan dan kesiapan anda sebelum acara tersebut dimulai, anda juga dapat menggunakan waktu ini untuk persiapan. Selain itu juga anda dapat melihat keadaan tempat acara, panggung atau letak dimana anda akan berbicara.

2.Menghafal dan sangat mengetahui susunan acara sebelum acara tersebut dimulai, tehnik menghafal susunan acara juga dapat anda gunakan jauh jauh hari sebelum acara yang akan anda bawakan dimulai, cara ini sangat efektif dan paling banyak digunakan bagi seorang pembawa acara. Selain itu juga dengan menghafal susunan acara anda bisa sambil mencari kata kata ataupun kalimat yang sesuai dengan acara dan jangan menyepelakan persiapan anda, gunakan waktu ini sebaik-baiknya.
kiat sukses mc

3.Usahakan tidak membawa atau menggunakan teks dalam penyampaian acara saat membawakan acara, mungkin bagi pemula sangatlah sulit untuk menghafal apalagi tanpa menggunakan atau membawa teks susunan acara saat di panggung acara, namun alangkah baiknya jika anda memang benar-benar sudah yakin betul dan sangat ingin menjadi pembawa acara yang handal tidak ada salahnya mencoba memberanikan diri untuk tidak membawa teks saat membawakan acara, dengan seperti itu anda akan terbiasa dan dipandang oleh pengunjung sudah mahir dalam membawakan acara.

4.Dalam membawakan acara anda harus mengetahui jatah waktu anda, jangan sampai anda terlalu lama dan bertele-tele dalam membawakan acara, usahakan anda sudah mengatur waktu dalam setiap kalimat yang anda bawakan saat memandu acara, misalnya untuk mengucapkan salam serta menyapa para hadirin anda sudah mengaturnya menjadi 2 atau 3 menit saja dan seterusnya.

5.Jangan meninggalkan tempat acara, selalu fokus terhadap acara yang berlangsung. Ini penting sekali jika anda orang yang tidak fokus maka jangan sekali kali melakukan kegiatan yang tidak penting dalam acara, usahakan anda tetap dalam tugas anda dalam membawakan acara, dengan seperti itu anda akan mengerti betul tentang apa yang terjadi di acara tersebut sambil mempersiapkan penampilan anda selanjutnya.

6.Kerjasama, seorang pembawa acara tidak akan sukses jika tidak adanya kerjasama antara panitia penyelenggara acara ataupun orang yang berwenang dalam acara tersebut. Dan perlu diingat bahwa anda adalah orang penting dalam acara, maka anda harus bekerjasama sebelum, saat dan sesudah acara.

Itulah beberapa kiat dan tips dalam membawakan acara yang harus anda ketahui jika ingin menjadi pembawa acara yang mahir, semoga dengan adanya kiat sukses pembawa acara ini anda dapat menjadi seorang pembawa acara profesional dalam membawakan acara-acara tertentu dalam kegiatan bermasyarakat. Semoga bermanfaat dan selamat belajar menjadi seorang pembawa acara.

0 Response to Kiat Sukses Untuk Menjadi Seorang Pembawa Acara (MC)

Posting Komentar