Contoh Paragraf Argumentasi Terbaru dan Terlengkap

Contoh Paragraf Argumentasi – Dalam sebuah tulisan pastinya terdapat paragraf yang menyusunnya. Oleh karenanya, mengerti berbagai jenis paragraf memanglah diperlukan. Paragraf sendiri adalah bagian dalam suatu teks yang mengandung satu pikiran utama atau gagasan pokok serta beberapa gagasan penjelas. Paragraf  bisa juga diartikan sebagai satu kesatuan pikiran yang lebih tinggi serta lebih luas dibanding kalimat. Paragraf menjadi himpunan dari beberapa kalimat yang saling berhubungan dalam satu rangkaian untuk membentuk sebuah gagasan.

Salah satu jenis pargraf adalah pargraf argumentasi. Pargraf argumentasi ini berasal dari kata argumen. Jadi paragraf argumentasi memiliki arti paragraf yang berisi pendapat beserta alasan, contoh atau bukti yang meyakinkan pembaca. Atau dalam arti lain gagasan utama dalam paragraf argumentasi dikembangkan dengan cara menjabarkan pendapat, bahasan, ulasan, atau ide pribadi sang penulis. Tujuan dari paragraf argumentasi ini adalah untuk menyakitkan atau mempengaruhi pembaca supaya memiliki pendapat yang sama dengan penulis. 

Maka supaya tujuan tersebut dapat tercapai, paragraf argumentasi harus disertai dengan fakta aktual seperti data, teori ahli, hasil research, contoh, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan dengan tujuan menguatkan pendapat yang dijabarkan dalam paragraf, sehingga pendapat kita tidak sekedar omong kosong.  Pembaca pun akan merasa yakin dan menyepakati pemikiran kita. 

Sering kali kita mengalami kebingungan membedakan paragraf argumentasi dengan paragraf eksposisi. Memang kedua jenis paragraf ini memiliki kesamaan seperti adanya data-data aktual didalamnya. Namun bedanya paragraf eksposisi memakai data hanya untuk menjelaskan. Sedangkan pada paragraf argumentasi, data tersebut dipakai untuk membuktikan bahwa pendapat kita yang kita jabarkan adalah benar. Paragraf argumentasi memanglah yang mengharapkan para pembacanya mempercayai apa yang disampaikan oleh penulisnya, sehingga pada bagian akhir paragraf tak jarang kita menemukan sebuah kesimpulan utuh dari hal yang telah disampaikan sebelumnya.

Untuk dapat membedakan paragraf argumentasi dengan jenis paragraf lainnya, maka kita dapat melihatnya dari ciri-ciri yang terdapat pada paragraf argumentasi yaitu berisi pandangan, pendapat, ataupun keyakinan penulis terhadap sebuah permasalahan. Dalam paragraf argumnetasi terdapat data faktual yang dipakai untuk meyakinkan pembaca. Selain itu, dalam paragraf argumentasi menjabarkan sebuah permasalahan dengan cara menganalisa serta menganalogikan. Diakhir paragraf umumnya berisi kesimpulan yang berupa pendapat yang lebih luas dan bukan penegasan kembali topik utama. 

Lalu bagaimana jika kita ingin membuat paragraf argumrntatif? Maka kita perlu mengetahui langkah-langkah dalam membuat paragraf argumentasi yaitu:
1.Menentukan topik atau tema permasalahan yang akan dibahas.
2.Merumuskan tujuan penulisan.
3.Mengumpulkan data dan bahan. Data tersebut dapat berbentuk: fakta, bukti, atau pernyataan lainnya yang mendukung.
4.Membuat kerangka karangan.
5.Mengembangkan kerangka karangan sehingga menjadi paragraf yang utuh.
Jenis paragraf argumentasi terdiri atasi 2 pola pengembangan yaitu pola sebab akibat dan akibat sebab. Paragraf argumentasi pola sebab akibat adalah paragraf yang dalam penulisannya selalu dimulai dari hal yang menjadi penyebab kemudian dilanjutkan dengan hal yang menjadi akibat. Sedangkan pola akibat sebab jenis paragraf ini memaparkan hal yang penulisannya dimulai dari akibat dan kemudian dilanjutkan dengan hal yang menjadi sebab dari munculnya akibat tersebut.

Untuk dapat memahami kedua jenis paragraf argumentasi tersebut berikut akan dijabarkan beberapa Contoh Paragraf Argumentasi sebab akibat.


Contoh 1:
Pendidikan di Indonesia dapat dikatakan masih tertinggal jauh bila dibandingkan dengan pendidikan negara-negara lain di dunia. Bahkan dalam bidang pendidikan Indonesia masih kalah dengan Negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya penduduk negara tersebut yang mengenyam pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Sedangkan di negar kita, jumlah penduduk yang mengenyam pendidikan tinggi masih jauh tertinggal, apa lagi di daerah seperti Papua, NTB, NTT, dan daerah lainnya. Tertinggalnya pendidikan di daerah tersebut dapat disebabkan oleh tidak meratanya pendidikan di Indonesia. Pemerintah hanya membangun fasilitas pendidikan di daerah perkotaan. Selain itu, kurangnya jumlah guru di daerah tersebut turut membuat makin jauhnya akses pendidikan di tempat tersebut. Akibatnya, pendidikan di Indonesia pun tidak merata dan tertinggal yang membuatnya tidak bisa bersaing dengan negara lainnya di dunia. 

Contoh 2:
Musim kemarau tahun ini menjadi musim kemarau terparah dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Tidak turunnya hujan selama kurang lebih 5 bulan menyebabkan tanah dan sumber air mengering. Menurut BMKG, diperkirakan tahun ini hujan akan turun pada bulan depan. Jika hal ini terjadi, maka dapat dipastikan kemarau kali ini bukan kemarau biasa karena terjadi selama sekitar 7 bulan. Sedangkan menurut data dari BMKG tahun lalu, kemarau hanya akan terjadi selama 5 bulan. Sehingga petani banyak yang mengalami gagal panen karena tidak adanya air yang mengairi sawah mereka. 

Contoh 3:
Kurangnya pengawasan orang tua pada anak dengan alasan sibuk dalam bekerja  dan pengaruh gaya hidup yang mewah pada ibu rumah tangga membuat anak jadi tak terurus. Anak pun pada akhirnya menjadi bingung dalam menjalani hidupnya yang mengakibatkan anak mudah terpengaruh denagn kehidupan bebas dan bahkan terjerumus ke dalam hal-hal negatif seperti kriminalitas, penyalahgunaan narkoba, free sex dan kenakalan remaja lainnya.

Selain contoh paragraf argumentasi sebab akibat, berkut ini akan dijabarkan juga beberapa contoh paragraf akibat sebab:


Contoh 1:
SMAN 1 Bintang telah dinobatkan sebagai sekolah yang terbaik di Indonesia. Telah banyak anak berprestasi yang lulus dari sekolah ini. Terbukti dengan banyaknya juara olimpiade yang berasal dari SMA ini. Tak hanya prestasi dalam bidang akademik saja, namun juga dalam bidang lain seperti kesenian dan olahraga. Tahun lalu saja sekolah ini telah mengirimkan 25 atlet yang mewakili Indonesia dalam ajang Sea Games serta paduan suara yang saat ini sedang mengikuti kompetisi paduan suara bertaraf internasional di Barcelona, Spanyol. Berbagai prestasi yang membanggakan sekolah ini tidaklah terjadi begitu saja, namun juga berkat kerja keras para dewan guru serta pihak komite sekolah yang memiliki komitmen untuk selalu menghasilkan lulusan terbaik. 

Contoh 2:
Jumlah kecelakaan di jalan raya pada tahun ini naik secara siknifikan. Bahkan lebih parah dibanding 5 tahun terakhir. Menurut data yang telah dikeluarkan oleh pihak kepolisian, jumlah kasus kecelakaan di jalan hanya pada tahun lalu mencapai angka 4.500 kasus, bila banding dengan tahun ini yang telah mencapai 5.300 kasus di H + 2 lebaran, sehingga diprediksi jumlahnya akan semakin bertambah. Dari jumlah 5. 300 kasus tersebut, yang paling banyak terjadi adalah kasus kendaraan bermotor. Meningkatnya angka kecelakaan ini bisa disebabkan oleh bertambahnya jumlah pemudik yang memakai kendaraan bermotor, bukan kendaraan umum. 

Contoh 3:
Kasus kenakalan remaja dimasa sekarang ini telah menjadi sangat mengkhawatirkan. Makin banyaknya kasus kehamilan pada usia remaja menjadi salah satu bukti kurangnya pengawasan dan perhatian orang tua kepada anaknya. Anak sangatlah membutuhkan perhatian lebih dari orang tua dan keluarganya. Alasan sibuk bekerja merupakan alasan yang sering dilontarkan oleh para orang tua. Padahal nantinya anaklah yang akan menerima berbagai sanksi seperti sanki sosial dan sanki hukum akibat dari kenakalan remaja. Tentu keluarga akan merasa sangat malu jika hal ini sampai terjadi. Sudah sepatutnya orang tua meluangkan sedikit waktu untuk mendidik serta memperhatikan anaknya dengan bijak. Hal ini dikarenakan buah hati merupakan anugerah Tuhan yang tak ternilai harganya.

Demikianlah pemaparan mengenai paragraf argumentasi. Kita akan dapat lebih memahami dan membedakan paragraf arumentasi dengan jenis paragraf lainnya jika memahami beberapa contoh paragraf Argumentasi.






0 Response to Contoh Paragraf Argumentasi Terbaru dan Terlengkap

Posting Komentar