Peran Puisi Sebagai Karya Sastra Dalam Kehidupan Manusia

Peranan Puisi – Bagi sebagian orang mungkin tidak terlalu suka atau meminati dunia sastra seperti membaca karya sastra berbentuk puisi pun terkadang sangat sukar untuk dilakukan, namun sebenarnya banyak orang juga yang tidak mengerti bahwa sesungguhnya terdapat sesuatu yang begitu besar dan berarti di dalam karya sastra berbentuk puisi. Kira-kira seperti apa peranan puisi bagi sang pembaca dan bagi kehidupan khususnya bagi manusia. Selengkapnya dapat anda temukan di bawah ini.

Peranan Puisi

Puisi pun memiliki peran bagi sang pembaca dan kehidupan manusia, diantaranya adalah:

-    Puisi sendiri dapat memberikan rasa senang atau bahagia maupun rasa sejuk di dalam hati bagi pembacanya. Karena pada dasarnya kata dan bait yang indah akan menyenangkan pembaca dan mereka gembira telah menemukan kata maupun puisi yang sesuai dengan perasaannya.

-    Puisi juga mampu mendorong bagi pembacanya untuk berfikir lebih dalam mengenai pesan yang lebih dalam di dalamnya.

Peranan Puisi Sebagai Karya Sastra Bagi Kehidupan Manusia
Peranan Puisi Sebagai Karya Sastra Bagi Kehidupan Manusia

-    Puisi juga dapat melatih pendengaran imaji atau imajinasi pendengaran bagi yang mendengarkannya untuk membayangkan latar puisi yang sedang dibacakan misalnya.

-    Puisi juga dapat mendorong bagi penikmatnya untuk lebih berintrospeksi diri kala membaca maupun mendengarkan puisi  karena terkadang juga ada puisi-puisi penggugah hati yang membuat kita merenungkan diri sendiri.

-    Dan yang terakhir adalah puisi juga dapat mengarahkan dan mendidik bagi pembacanya untuk menjalankan nilai-nilai kebenaran yang terkandung dari makna puisi itu.

Itulah beberapa peranaan dari puisi sebagai karya sastra paling tinggi bagi kehidupan kita, semoga dengan adanya peranan ini kita lebih menghargai karya-karya puisi yang terbit ditoko-toko buku maupun media-media sosial masa kini, karena bagaimanapun juga puisi itu hidup jika kita mau merasakannya dan menikmati isi dari puisi. Akhir kata kami ucapkan terima kasih sudah membaca sampai tuntas artikel ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dalam mencintai dunia sastra berbentuk puisi. Salam satu bahasa!

0 Response to Peran Puisi Sebagai Karya Sastra Dalam Kehidupan Manusia

Posting Komentar