Contoh Kalimat Majemuk Lengkap dengan Penjelasan dan Pengertiannya

Kalimat Majemuk – Setelah kita belajar tentang kalimat aktif dan pasif pada postingan sebelumnya kini kita berlanjut pada pembelajaran kalimat selanjutnya yaitu kalimat majemuk, bagi anda yang sedang mencari pengertian dan contoh-contoh dari kalimat majemuk maka pada kesempatan kali ini satubahasa akan menerangkannya melalui beberapa teori tentang kalimat majemuk di bawah ini.

Macam – Macam Jenis Kalimat Majemuk

Kalimat Majemuk Setara

Kalimat majemuk setara adalah gabungan dua kalimat atau lebih yang kedudukannya setara atau sederajat. Kalimat majemuk setara dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu:

-    Kalimat majemuk setara hubungan penjumlahan

Kalimat majemuk setara hubungan penjumlahan ini memiliki dua subjek, dua predikat dan dua objek sehingga disebut kalimat majemuk setara dengan konjungsi atau kata penghubung dan, serta, lagi, yaitu. Contoh:
Harimau sumatra dilestarikan dan kehidupannya dilindungi pemerintah.

-    Kalimat majemuk setara hubungan perlawanan

Kalimat mejemuk setara hubungan perlawanan adalah kalimat majemuk setara yang ditandai oleh kata penghubung tetapi, melainkan, padahal, sedangkan.

Contoh dan Macam Macam Kalimat Majemuk Lengkap dengan Penjelasan dan Pengertiannya
Contoh dan Macam Macam Kalimat Majemuk Lengkap dengan Penjelasan dan Pengertiannya

Kalimat Majemuk Bertingkat

Kalimat majemuk bertingkat dapat terbentuk jika hubungan kedua kalimat itu tidak sederajat. Artinya, salah satu bagian kalimatnya menduduki fungsi yang lebih tinggi. Bagian yang lebih tinggi disebut induk kalimat sedangkan bagian yang lebih rendah disebut anak kalimat.
Contoh:
Induk kalimat : selang beberapa detik masuklah mereka. (selang beberapa detik = induk kalimat)
Kalimat Majemuk Campuran
Kalimat majemuk campuran merupakan gabungan antara kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat. Kalimat majemuk campuran juga dapat bervariasi karena adanya pengembangan unsur-unsur kalimatnya.
Ciri-ciri kalimat majemuk campuran :
-    Terdiri atas tiga atau lebih pola kalimat atau klausa.
-    Mengandung klausa yang mempunyai hubungan setara dan bertingkat.
-    Contoh susunan kalimatnya biasanya S - P – O –S-P-O.

Itulah penjelasan secara singkat dengan contoh yang singkat pula tentang kalimat majemuk yang semoga saja dapat membantu anda dalam memahami dan belajar tentang macam-macam kalimat. Kurang lebihnya mohon maaf dan selamat belajar.

0 Response to Contoh Kalimat Majemuk Lengkap dengan Penjelasan dan Pengertiannya

Posting Komentar