Contoh Buku Harian Atau Diary Lengkap Dengan Penjelasannya

Contoh Buku Harian - Menjalani keseharian dan beraktivitas setiap hari tentu memerlukan daya dan tenaga yang cukup untuk melakukan itu semua, namun tanpa disadari terkadang kita menginginkan menengok hari hari yang telah kita lewati itu, entah dengan alasan suatu moment atau waktu waktu yang tak terlupakan maupun saat saat kita harus menengok hari lalu untuk kita jadikan pelajaran.

Setiap manusia pastinya memiliki sifat lupa, oleh karenanya untuk mengenang atau mencatat kejadian kejadian tertentu perlu dibutuhkan suatu record atau rekaman yang berbentuk tulisan maupun alat perekam kejadian, hal yang paling sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan menulis buku harian untuk mencatat suatu moment maupun apa saja yang sedang kita lihat, rasakan dan kita alami saat itu juga. Untuk lebih jelasnya dalam penjelasan contoh buku harian anda dapat melihatnya sebagai berikut.

contoh buku harian diary

APA SIH BUKU HARIAN ITU?

Buku harian adalah sebuah catatan tentang kejadian atau peristiwa yang dialami oleh seseorang dalam menjalankan kesehariannya sehari-hari. Dari penjelasan tersebut kita dapat mengambil arti bahwa setiap orang dapat membuat buku hariannya sendiri, dengan menuliskan hal hal penting yang dialami setiap hari baik berupa peristiwa maupun hal hal yang sifatnya tentang perasaan seperti curahan hati dan catatan pribadi tentang perasaan yang sedang anda alami.

FUNGSI YANG DIDAPAT DARI MENULIS BUKU HARIAN

Ada banyak fungsi atau manfaat dengan kita menulis buku harian, diantaranya adalah kita dapat mengingat atau melihat kembali suatu kejadian yang kita tulis dalam buku harian. Dengan seperti itu kita dapat melihat kembali kejadian atau perasaan yang kita alami pada hari hari tertentu. Selain itu kita dapat mngambil suatu pelajaran maupun hikmah yang terdapat dalam catatan kita, seperti kejadian buruk atau peristiwa yang tidak kita inginkan yang pernah kita alami misalnya, ada juga manfaat lainnya seperti dapat kita gunakan untuk catatan pengingat untuk hari hari yang akan datang.

Dengan melihat banyaknya manfaat di atas tentu banyak juga yang akan kita temukan tentang perjalanan hidup kita, dengan seperti itu kita dipermudah untuk melihat kembali apa saja yang sudah kita lalui di waktu waktu yang sudah kita lewati.

WAKTU DAN CARA YANG BAIK DALAM MENULIS BUKU HARIAN

Dalam keseharian kita tentu ada banyak waktu senggang yang dapat kita gunakan untuk melakukan hal hal yang kita inginkan, seperti menulis misalnya. Menulis buku harian dapat anda lakukan sesuai dengan keinginan anda sendiri dalam menuliskannya, tidak selalu harus menunggu saat luang maupun malam hari yang biasanya kebanyakan kita gunakan untuk beristirahat badan serta pikiran kita selama menjalani aktifitas sehari penuh. Namun anda juga dapat menundanya saat ada sesuatu yang penting ingin kita tuliskan namun tidak sempat untuk kita lakukan saat itu juga, dengan kata lain kita dapat menyimpannya di dalam ingatan kita atau memori kita untuk kemudian kita tuliskan saat waktu luang. Karena menulis itu sifatnya bebas dan tergantung mood kita saat itu juga.

MACAM MACAM BUKU HARIAN

Seiring dengan berkembangnya zaman dari waktu ke-waktu, serta kemudahan dalam menggunakan sesuatu seperti bidang tekhnologi maka sudah tidak asing lagi bahwa kita sudah memasuki zaman yang super modern. Hal ini pula yang dapat membedakan macam macam buku harian menurut kepentingannya. Kita tahu bahwasanya saat ini kita dapat menuliskan sesuatu di media sosial dengan mudah dan berbagai aplikasi aplikasi baik di internet maupun smartphone kita untuk melakukan hal hal yang kita inginkan maka buku harian pun dapat di bedakan menjadi dua macam yaitu, dengan cara manual dan non manual (internet, smarthphone dll).

Bagi anda yang suka menulis manual di buku maupun catatan pribadi anda maka ada baiknya jika menuliskannya dengan buku, hal ini juga penting untuk terus mempertahankan gaya tulisan kita dan skill kita dalam penulisan tangan. Namun jika anda orang yang super sibuk dan menginginkan hal hal yang simpel maka ada baiknya anda gunakan media media dalam penulisan buku harian pribadi anda, anda dapat menggunakannya diberbagai aplikasi di smartphone dan internet.Selain buku harian pribadi yang sifatnya untuk diri sendiri maupun privasi ternyata ada juga buku harian tentang persahabatan yang berisikan catatan tentang persahabatan yang orang orang jalin bersama sahabat sahabatnya.

CONTOH BUKU HARIAN

Jogjakarta, 14 Maret 2016
Dear Diary..
Hari ini aku bertemu dengan seseorang , seseorang yang mampu membuatku terpukau dengan segala keindahannya, perilakunya, ilmunya dan kebaikannya yang mampu meluluh lantakan hatiku.

Dear Diary..
Aku tahu bahwa aku adalah orang yang sangat keras hati, tidak mudah dalam urusan perasaan dan hati apalagi tentang cinta dan mencintai seseorang. Akan tetapi hari ini begitu berbeda dengan hari hari biasanya, apakah ini yang dinamakan cinta?

Jogjakarta, 15 Maret 2016
Hari ini rasanya senang sekali berada didekat dia, ada rasa canggung dan salah tingkah namun semua itu aku alami karena mungkin tak terbiasa berada sedekat itu dengan orang yang aku sedang perhatikan.

Selain itu juga hari ini saya pulang sekolah berbarengan dengannya, ini momen langka dan tak akan aku biarkan begitu saja, akhirnya aku memberanikan diri untuk menyapanya untuk pulang bersama dengan berbincang bincang selama perjalanan pulang sekolah.



Demikanlah contoh buku harian yang baik untuk pengetahuan anda dalam menemukan pengertian maupun contoh tentang buku harian, semoga bermanfaat untuk anda.

0 Response to Contoh Buku Harian Atau Diary Lengkap Dengan Penjelasannya

Posting Komentar