10 Macam Jenis Jenis Puisi Menurut Bentuk dan Isinya

Jenis jenis puisi - Tak kenal maka tak sayang, kalau hanya sekedar menulis puisi saja tanpa harus mengerti jenis jenis puisi rasanya kurang komplit pemahaman kita dalam dunia kesusastraan, oleh karenanya pada postingan kali ini saya akan menjelaskan beberapa jenis jenis puisi menurut bentuk dan isinya, berikut adalah jenis puisi yang harus anda ketahui sebelum menulis puisi.

Jenis Jenis Puisi Menurut Bentuk dan Isinya:



1.Puisi Naratif

Yaitu puisi yang di dalamnya mengandung unsur cerita, dengan pelaku, perwatakan,     setting dan rangkaian suatu peristiwa tertentu yang menjalin suatu cerita.
  

2. Puisi Epik

Yaitu suatu puisi yang di dalamnya mengandung cerita kepahlawanan, baik yang     berhubungan dengan legenda, kepercayaan maupun sejarah.
  

3. Puisi Lirik

Yaitu puisi yang di dalamnya berisikan luapan batin individual penyairnya dengan     segala macam endapan pengalaman, sikap maupun suasana batin yang     melingkupinya.
  

4. Puisi Dramatik

Yaitu salah satu jenis puisi yang secara objektif menggambarkan perilaku seseorang,     baik lewat lakuan, dialog maupun monolog sehingga menggambarkan suatu kisah     tertentu.
  

5. Puisi Didaktif

Yaitu puisi yang di dalamnya mengandung nilai-nilai kependidikan yang umumnya     tertampil eksplisit.
  
Mengenal 10 Macam Jenis Jenis Puisi Menurut Bentuk dan Isinya

6. Puisi Satirik

Yaitu puisi yang mengandung sindiran atau kritik tentang ketidakberesan kehidupan     suatu kelompok maupun suatu masyarakat.
  

7. Puisi Romance

Yaitu puisi yang berisi suatu luapan rasa cinta seseorang terhadap sang kekasih, puisi     romance ini sendiri sering kita temui atau kita dengar dengan sebutan puisi romantis.
  

8. Puisi Elegi

Yaitu puisi ratapan yang mengungkapkan rasa pedih seseorang, atau bisa juga disebut     puisi sedih.
  

9. Ode

Yaitu puisi yang berisi pujian terhadap seseorang yang memiliki jasa ataupun sikap     kepahlawanan.
  

10. Himne

Yaitu puisi yang berisi pujian kepada Tuhan maupun ungkapan rasa cinta terhadap     bangsa ataupun puisi cinta tanah air.

  

Itulah beberapa jenis-jenis puisi yang dapat anda ketahui menurut bentuk dan isinya untuk menambah pengetahuan anda dalam kesusastraan, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anda yang akan menulis puisi maupun yang sedang mencari jenis-jenis puisi, jangan lupa follow dan like nya yah :)

0 Response to 10 Macam Jenis Jenis Puisi Menurut Bentuk dan Isinya

Posting Komentar