Pengertian Puisi Dan Unsur Unsur Yang Terdapat Di Dalam Puisi

Pengertian Puisi - Mengerti saja rasanya tidak cukup untuk membuktikan bahwa kita mencintai puisi tanpa mengetahui unsur-unsur puisi di dalamnya. Oleh karenanya pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan penjelasan tentang pengertian dan unsur puisi.

Puisi adalah karya sastra yang menggunakan kata kata indah dan padat makna.
Puisi memiliki ciri ciri sebagai berikut : Mengutamakan keindahan dan mengutamakan keindahan bahasa. Bahasa yang digunakan ringkas dan konotatif, disajikan dalam bentuk monolog. 

Sebuah puisi meliputi unsur unsur berikut :


1. Diksi, berarti pemilihan kata kata kata dalam puisi bersifat konotatif sehingga maknanya mungkin lebih dari satu bunyi yang indah dan biasanya memiliki keharmonisan dengan kata kata lainnya tiberias.

2. Pengimajinasian, adalah kata atau susunan kata yang dapat menimbulkan layanan atau imajinasi sehingga pembaca seolah olah merasa mendengar atau melihat sesuatu yang diungkapkan si penulis puisi.

3. Access, merupakan kalimat ungkapan yang menyatakan sesuatu dengan cara membandingkannya dengan benda atau kata lain.

4. Rima, adalah pengulangan bunyi, pengulangan kata atau kalimat dalam bait bait puisi.

5. Tipografi biografi, atau bentuk tulisan dalam puisi beda dengan karangan lain. Puisi dibentuk oleh bait dan larik larik. Dalam puisi puisi kontemporer karya Calzoum Bachri, typography dipandang begitu penting sehingga menggeser kedudukan magnet makna kata kata dalam puisi itu. 
Typography memiliki makna tersendiri yang bisa ditafsirkan membacanya unsur puisi.

Pengertian Puisi Dan Unsur Unsur Yang Terdapat Di Dalam Puisi
Pengertian Puisi Dan Unsur Unsur Yang Terdapat Di Dalam Puisi

Isi puisi meliputi :

Unsur unsur tema, tema merupakan gagasan pokok yang diungkapkan penyair dalam puisinya. Tema berfungsi sebagai landasan utama penyair dalam menuliskan puisi perasaan. Puisi merupakan karya sastra yang paling mewakili perasaan penyair, dengan kata lain puisi merupakan ekspresi perasaan penyair bentuk ekspresi itu dapat berupa kerinduan, pengagungan kepada kekasih, alam, labuan, pahlawan, nabi, ataupun kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

Nada dan suasana tak bermakna sikap penyair. Membaca suasana adalah keadaan jiwa pembaca dalam membaca puisi. Suasana merupakan akibat yang di timbulkan puisi itu terhadap membaca.
Amanat amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan penyair melalui puisinya, amanat tersirat dibalik rangkaian kata bisa juga berada di balik tema.

Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan kepada sahabat, semoga dengan adanya pengertian dan unsur puisi diatas semakin memberikan ilmu pengetahuan kepada para sahabat yang mencintai puisi.

0 Response to Pengertian Puisi Dan Unsur Unsur Yang Terdapat Di Dalam Puisi

Posting Komentar